Categories
Pendidikan

Pengertian Distribusi

Pengertian Distribusi

Pengertian DistribusiDefinisi Distribusi Menurut Para Ahli

Distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang bertujuan memfasilitasi dan memfasilitasi penyediaan barang dan jasa kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai kebutuhan (jenis, jumlah, harga, lokasi, dan sesuai kebutuhan). Dengan kata lain, proses distribusi adalah kegiatan pemasaran yang dapat:

  • Menciptakan nilai tambah produk dengan fungsi pemasaran yang dapat mewujudkan manfaat / manfaat dari bentuk, tempat, waktu dan properti.
  • Merasionalisasi aliran saluran pemasaran (aliran saluran pemasaran) fisik dan non-fisik. Dengan aliran pemasaran berarti arus kegiatan yang terjadi antara lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran. Aliran pemasaran ini meliputi aliran barang fisik, aliran properti, aliran informasi, aliran promosi, aliran negosiasi, aliran pembayaran, aliran pembiayaan, aliran risiko, dan aliran pesanan.

Menurut Kotler dan Keller (2010, p49), saluran distribusi adalah organisasi independen yang terlibat dalam proses yang membuat produk atau layanan tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi.

Menurut Alma (2007, s49), saluran distribusi adalah institusi yang saling terkait untuk menjadi produk atau layanan yang siap digunakan atau dikonsumsi.

Menurut Tjiptono (2008, p285), saluran distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang ingin mempercepat dan memfasilitasi pengiriman barang dan jasa konsumen, sehingga penggunaannya diperluas (jenis, jumlah, harga, lokasi, dan kapan perlu).

Menurut Daniel (2003, s8), saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling berhubungan yang membuatnya lebih mudah untuk mentransfer kepemilikan ketika memindahkan produk dari produsen ke pengguna atau pelanggan.

Menurut Kotler (2010, p106), itu adalah kelompok organisasi yang saluran pemasarannya saling tergantung dan terlibat dalam proses produksi produk atau layanan yang disediakan untuk penggunaan atau konsumsi mereka. Saluran pemasaran adalah serangkaian saluran yang diikuti produk atau layanan setelah produksi, diakhiri dengan pembelian dan digunakan oleh pengguna akhir.

 

Tingkat Saluran Distribusi

Menurut Kotler (2010, p113), membahas saluran pemasaran, yaitu, untuk menyalurkan produk perusahaan, mungkin mengharuskan perusahaan untuk menjual bagaimana barang / jasa disalurkan secara langsung atau tidak langsung (misalnya, untuk mengirim vendor atau membuka toko untuk menjual perusahaan) produk). Distribusi secara implisit membutuhkan kehadiran perantara, yaitu pedagang besar, perwakilan atau pengecer.

Dalam proses penyaluran produk dari produsen ke konsumen atau pengguna akhir, perusahaan harus dapat membuat pilihan yang tepat ketika memilih tingkat saluran pemasaran yang digunakan. Berikut ini adalah bentuk saluran pemasaran untuk barang-barang konsumen.

Saluran level nol
Saluran ini sering disebut saluran langsung karena proses distribusi dilakukan tanpa melewati broker. Distribusi kemudian dibuat langsung dari produsen ke konsumen. Ada tiga cara untuk membuat saluran ini secara langsung: penjualan dari pintu ke pintu, penjualan surat, dan penjualan toko atau koperasi.

Saluran satu tingkat
Ada agen penjualan di saluran ini. Dimana pengecer di pasar konsumen menengah. Di pasar industri, pengecer sering bertindak sebagai agen penjualan atau broker.

Saluran dua tingkat
Ada dua agen penjualan di saluran ini. Selain pengecer di pasar konsumen, ini adalah grosir atau grosir. Sementara di pasar industri, itu adalah satu-satunya distributor dan penjual industri.

Saluran tiga tingkat
Ada tiga agen penjualan di saluran ini: agen, grosir, dan pengecer. Saluran ini adalah saluran terpanjang dari empat level saluran pemasaran karena produsen menggunakan tiga alat untuk mencapai konsumen akhir.

Jenis Distribusi Perusahaan

1) saluran langsung
Orang / produsen yang memproduksi barang dan jasa berinteraksi langsung dengan pelanggan, saluran ini digunakan di perusahaan yang membuat saluran distribusi di luar negeri.

2) saluran tidak langsung
Saluran ini digunakan oleh perusahaan lokal yang memasarkan produknya melalui perusahaan lokal lain yang bertindak sebagai agen penjualan.

 

Sumber : https://materi.co.id/