Categories
Pendidikan

Analisis Lingkungan Pemasaran

Analisis Lingkungan Pemasaran

Analisis Lingkungan Pemasaran

3 di antara komponen lingkungan yg paling penting adalah :

 

1. Analisis Lingkungan Internal

Review Sasaran, Strategi, dan Kinerja Saat Ini. Secara berkala manajer perlu memeriksa kinerja strategi pemasaran saat ini dalam hal volume penjualan, profitabilitas, pangsa pasar, & ukuran-ukuran lain yg relevan.

Ketersediaan Sumber daya à Manajer pemasaran perlu me-review sumberdaya organisasi saat ini maupun akan datang, yg dapat digunakan untuk pemasaran.
Struktur & Budaya Organisasi à Budaya organisasi merupakan salah satu faktor yg mempengaruhi kinerja pemasaran. Perusahaan yg maju menempatkan pemasaran sebagai tanggung jawab bersama setiap orang. Dalam posisi demikian, pemasaran bukan lagi semata-mata fungsi atau kegiatan akan tetapi sudah menjadi budaya organisasi. Ini merupakan posisi ideal bagi pemasaran, namun tidak mudah membentuknya karena terkait dengan nilai-nilai & cara pandang individu-individu dalam organisasi.

 

2. Analisis Lingkungan Mikro

Lingkungan mikro adalah pelaku-pelaku di luar perusahaan yg mempengaruhi kemampuan perusahaan mencapai sasarannya. Lingkungan mikro terdiri dari konsumen, pesaing, perantara, pemasok, & publik. Di antara keempat komponen, 2 yg paling penting adalah pelanggan & pesaing.

 

3. Analisis Lingkungan Pasar Global

Perusahaan-perusahaan yg go international menghadapi lingkungan yg lebih kompleks dibanding perusahaan yg beroperasi domestik. Berdasarkan analisis komponen-komponen lingkungan pemasaran pada setiap negara, perusahaan dapat mengetahui :

Daya tarik & resiko pada setiap negara. Semakin rendah resiko, kehadiran perusahaan pada suatu negara semakin intensif. Terdapat pilihan go internasional, seperti : (1) ekspor tidak teratur, (2) ekspor melalui agen independen, (3) pembukaan satu atau beberapa kantor penjualan, & (4) pembangunan fasilitas produksi di luar negeri (Kotler & Keller 2006).
Persamaan & perbedaan antar-negara. Ada 2 pandangan tentang memperlakukan pasar pada setiap negara. Pandangan pertama menganggap bahwa setiap negara perlu diperlakukan secara berbeda. Pandangan ini melatarbelakangi munculnya perusahaan multinasional yg anak-anak perusahaannya beroperasi secara independen pada setiap negara. Pandangan kedua menganggap bahwa perusahaan perlu fokus pada persamaan-persamaan setiap negara. Pandangan ini melatarbelakangi munculnya merek-merek global & perusahaan-perusahaan trans-nasional yg memperlakukan seluruh dunia sebagai satu pasar (Keegan, Warren J., 2006).

 

Sumber : https://seputarilmu.com/