Categories
Pendidikan

Pemodelan Transportasi

Pemodelan Transportasi


Menurut Jay Heizer dan Barry Render (2005, s391)

Pemodelan transportasi adalah prosedur berulang untuk menyelesaikan masalah meminimalkan biaya pengiriman produk dari berbagai sumber ke berbagai tujuan.

Oleh karena itu, konsep transportasi adalah transfer barang dan / atau jasa dari berbagai tempat asal (sumber) ke berbagai lokasi dengan menyelesaikan masalah biaya transportasi untuk mengoptimalkan biaya-biaya tersebut.

Masalah Transportasi Distribusi Barang

Berbagai titik pasokan ke berbagai titik permintaan. Secara umum, kapasitas barang diberikan untuk permintaan barang di setiap sumber dan di setiap tujuan.

Ketika perusahaan mencoba memutuskan di mana akan membuka fasilitas baru, masalah transportasi dapat digunakan sebelum membuka gudang, perusahaan atau kantor pemasaran, sangat baik untuk memiliki sejumlah alternatif. Keputusan keuangan yang baik mengenai lokasi juga dapat meminimalkan biaya pengiriman dan produksi secara keseluruhan.

Masalah transportasi menyangkut distribusi barang dari berbagai sumber ke berbagai tujuan (destinasi). Secara umum, Anda memerlukan beberapa kapasitas barang dari masing-masing sumber dan beberapa kapasitas barang dari setiap target.

Tujuan Transportasi

Tujuan transportasi adalah untuk mengalokasikan produk yang ada di sumber asal, sehingga semua kebutuhan terpenuhi di tempat tujuan. Tujuan utama dari masalah transportasi adalah untuk mencapai biaya serendah mungkin (minimum) atau untuk memperoleh jumlah laba maksimum (maksimum). Masalah transportasi adalah dalam pemilihan rute antara pusat industri dan distribusi gudang di jaringan distribusi produk, atau antara distribusi regional gudang dan distribusi pengeluaran lokal. Dengan menggunakan metode transportasi, manajemen mencari rute distribusi yang mengoptimalkan tujuan tertentu; misalnya, tujuan meminimalkan total biaya transportasi, memaksimalkan laba atau meminimalkan waktu yang dihabiskan.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :