Rantai Makanan

Rantai Makanan

Rantai Makanan

Rantai Makanan

fileextensionapk.org – Rantai makanan adalah urutan di mana hewan dan tumbuhan saling memakan untuk bertahan hidup. Setiap makhluk hidup perlu memakan makhluk lain di bawahnya. Setiap ekosistem memiliki rantai makanan yang berbeda, tergantung pada hewan dan tumbuhan yang hidup di sana.
Bagian terendah dari rantai makanan adalah tanaman. Mereka disebut produsen karena mereka menghasilkan makanan sendiri menggunakan energi sinar matahari. Proses ini disebut fotosintesis. Hewan adalah konsumen dari rantai makanan. Mereka memakan tumbuhan dan hewan lain.
Beberapa hewan hanya memakan tanaman. Di antara kelompok herbivora ini adalah kelinci, tikus, dan sapi. Karnivora adalah hewan yang memakan hewan lain, seperti serigala, rubah, atau singa.
Setiap rantai makanan memiliki predator, hewan terkuat yang tidak dimakan oleh yang lain. Elang atau beruang kutub adalah predator yang mendominasi habitat mereka.

Rantai Makanan Khas

Banyak makhluk milik lebih dari satu rantai makanan. Rumput, misalnya, dimakan oleh banyak hewan lain serta serangga. Rantai makanan yang terhubung satu sama lain disebut jaring makanan.
Ketika seekor binatang mati, ia dimakan oleh cacing, bakteri, dan organisme lain. Yang disebut pengurai ini memecah hewan dan tumbuhan menjadi bagian-bagian kecil dan memperkaya tanah sehingga tanaman lain dapat tumbuh lebih baik. Nutrisi hewan dan tanaman mati dikonversi kembali ke tanah sehingga tanaman dapat menggunakannya kembali.
Keseimbangan tanaman dan hewan dalam rantai makanan ditentukan oleh alam. Misalnya, jika ada terlalu banyak zebra di habitat tropis, banyak dari mereka akan mati karena mereka tidak bisa mendapatkan makanan yang cukup untuk dimakan. Ini juga berarti bahwa ada lebih sedikit makanan bagi pemangsa, seperti singa, untuk dimakan. Dan ketika ada lebih sedikit singa populasi zebra akan tumbuh lagi.

 

Pendidikan